Yomei Ichinen no Kimi ga Boku ni Nokoshite Kureta Mono [LN] - Jilid 1 Bab 1 Bagian 2 - Bahasa Indonesia - Lintas Ninja Translation

Bab 1
Siswi Pindahan di Semester Baru
Bagian 2

Yomei-Ichinen-V1C1P2

Ini terjadi di hari kedua.

Meski Mizaki khawatir kalau Misaki akan menghampiri dan mengobrol dengannya di kelas, kekhawatirannya itu tidak perlu.

"Aku menonton video kucing yang Misaki bagikan padaku kemarin di rumah. Itu sangat keren!"

"Benarkah!? Jika itu membuatmu tertawa... aku sarankan kamu menonton yang ini juga!"

Ketika Mizuki masih berangkat ke sekolah di pagi hari, Misaki sudah mengobrol dengan seorang siswi di kelas. Walaupun ia mendengar kalau hubungan antarpribadi di antara para gadis itu sangat rumit, Misaki sepertinya mudah menyesuaikan, dia pasti sangat hebat dalam memenangkan hati orang-orang. Ini sangat berkebalikan dengan Mizuki, yang telah berada di kelas ini selama tiga bulan dan masih mencari orang untuk diajak bicara.

Pada hari ini, Misaki tidak datang ke perpustakaan.

Tentu saja, karena apa yang terjadi kemarin hanyalah kemauan Misaki saja.

Melihat dari jauh, Misaki yang telah menjadi seorang "teman sekelas yang baik" di kelas dalam sekejap mata. Dia tidak berasal dari dunia yang sama dengan Mizuki.

Bagi Mizuki, ini adalah keadaan yang normal. Dan kemarin itu seperti festival yang luar biasa di antara festival, dan mulai hari ini, semuanya akan kembali ke keseharian yang sepi lagi.

Meskipun ia merasa sedikit kesepian, Mizuki merasa lega karena Misaki akan kembali ke kesehariannya, dan berubah suasana hati ke arah yang positif dan optimistis.

Namun, sepulang sekolah.

"Kamu sudah bekerja keras."

Mizuki pergi ke perpustakaan seperti biasanya, sementara Misaki sedang berdiri di depan pintu.

Misaki melambaikan tangan pada Mizuki seakan-akan menunggu ketibaannya.

...Merasa bingung sejenak.

"Karena Mizuki-san tidak ada di sini, jadi aku tidak bisa masuk ke perpustakaan. Ke mana ya aku bisa meminjam kunci perpustakaan? Ruang guru? Jangan lupa memberi tahuku cara untuk meminjam kuncinya lain kali. Aku akan meminjamnya saat aku tiba duluan."

Misaki mengatakannya dengan ramah pada Mizuki yang tercengang. Kesan jarak dari "sahabat" sejati. Apakah ini orang yang mendengar rumor itu?

Namun, sayangnya Mizuki berada di posisi yang berlawanan dengan posisi orang populer. Ia tidak bisa mendekatkan jarak seperti yang Misaki lakukan sebelumnya, tetapi ia masih ingin menjaga jaraknya dengan Misaki. Dikelilingi orang lain dan menguras stresmu.

"Itu... Fujieda-san, mengapa kamu ada di sini?"

"Hah? Mengapa, bukankah aku sudah bilang kemarin kalau aku ingin "membantumu"?

Menghadapi pertanyaan Mizuki, Misaki berkata, "Mengapa kamu bertanya lagi, sih?" dia menjawab dengan sebuah ekspresi di wajahnya.

Mizuki hampir merasa puyeng ketika ia mendapatkan jawaban yang tidak ingin ia dengar. Tetap saja, ia berusaha yang terbaik agak tidak terjatuh di tempat, seakan-akan berpangku pada harapan terakhirnya, ia bertanya lagi.

"Itu... Bukannya permintaanmu itu hanya sampai kemarin?"

"Betapa teganya aku melakukan hal sekejam itu! Karena aku bilang kalau aku akan membantumu, aku akan membantu sampai akhir!"

Misaki menunjukkan senyuman yang 100% ramah dan mengelus bahu sambil mengatakan "mari kita bekerja bersama-sama.". Mizuki hampir kehilangan kesadaran seperti kemarin, tetapi kali ini aku berhasil menahannya.

Jika dia cuma anak laki-laki biasa, ia mungkin akan sangat senang dan mengangkat tangannya untuk menyetujui usulan itu.

Namun, Mizuki, yang biasanya menyendiri dan menjauh secara sosial, justru merasa sebaliknya. Setiap hari di perpustakaan bersama gadis dan semacamnya... Ia benar-benar tidak memiliki kualitas psikologis semacam itu.

Mizuki menempatkan gangguan mentalnya dan merasa bersalah karena menolak niat baik Misaki dengan pertimbangannya. Jadi, meskipun ia merasakan kalau ia melakukan sesuatu yang benar-benar buruk, ia memutuskan untuk melawan balik untuk terakhir kalinya.

"Namun, ini adalah tugas dari komite perpustakaan... Ini akan membuatmu repot, meminta Fujieda-san membantuku melakukan ini..."

"Aku kan sudah bilang kemarin, jadi sopan-sopan banget. Dan Mizuki-san, ini kan karena idemu sendiri. Apakah kamu akan mengambil alih tugas ini? Kamu sudah berada di luar cakupan "tugas normal" bagi seorang anggota komite perpustakaan."

"Tidak, meskipun aku bilang begitu..."

"Aku dan Mizuki-san itu sama. Aku juga merasa kalau tugas ini sangat berarti, jadi aku ikhlas membantumu. Apakah ada yang salah dengan ini?"

"Tidak, tidak ada yang salah sama sekali... Tetapi..."

"Ah... Mungkinkah? Jangan-jangan, tetapi di sisimu untuk orang awam sepertiku... hanya akan menghalangimu?"

Misaki menundukkan kepalanya dengan ekspresi yang sedih. Dia tampaknya telah salah paham dengan alasan Mizuki karena bersikeras menolak.

Dan ...karena merasa bersalah, Mizuki hampir tidak bisa berdiri.

Ia sudah merasa tidak enak karena menolak niat baik Misaki. Setelah ia mengatakan itu, ia tidak memiliki keberanian untuk menolak.

Mizuki menghela napas seakan-akan menyerah.

"...Tidak, itu tidak menghalangiku. Alasan pentingnya adalah karena aku tidak memiliki pengalaman yang cukup dalam tugas ini untuk mengatur Fujieda-san."

"Kalau begitu, itu tidak apa-apa--."

"Seperti yang kamu katakan, Fujieda-san, aku mengerjakan tugas ini sendiri. Jadi, karena Fujieda-san bilang kalau kamu ingin membantuku, aku tidak punya hak untuk menghentikanmu. Tetapi tugas ini membosankan."

Setelah berbicara, Mizuki menundukkan kepalanya pada Misaki.

Jadi Misaki berkata, "Ayo saling membantu!" dan tertawa.

Misaki yang tampak sedikit bahagia, itu lumayan keren. Untuk tekanan mental yang datang dari saat bersama dengan Misaki... Begitulah, Mizuki diam-diam bersumpah di dalam hatinya kalau ia akan tetap semangat dan bertahan.

"Itu hampir menjadi akhir dari percakapan ini, ayo kembali bekerja, Mizuki-san, nyalakan komputernya!"

"Sebenarnya, kamu tidak perlu begitu gugup. Tugas ini cukup santai."

"Misaki saja tidak masalah! Terlalu formal memanggilku menggunakan nama belakangku. Ngomong-ngomong tidak perlu menggunakan honorifik. Aku ingin kamu berbicara dengan bahasa yang santai."

"Hah, memanggil namamu? Itu agak terlalu sulit... Mari kita bicarakan, aku merasakan... seperti semacam naluri bertahan, bagaimana aku bilangnya ya.... Maaf, aku akan lakukan yang terbaik, tetapi untuk saat ini..."

Menghadapi Misaki yang semakin agresif mendekatkan jaraknya, Mizuki hanya bisa menjawab dengan tidak jelas.

Sampai manakah batas yang ia bisa memenuhi keadaan emosionalnya? Akankah ada hari di mana Mizuki akan dipanggil olehnya dengan nama pemberiannya?

Mizuki merasa galau dengan masa depannya dan membuka pintu perpustakaan.

*

"Aku akan menemanimu sampai akhir!" Kalimat ini tampaknya serius, dan Misaki sebenarnya datang ke perpustakaan hampir setiap hari, kecuali saat dia ada janji dengan teman-temannya.

Kalau tidak ketika Misaki menyapa duluan dan berkata kalau mereka akan ketemuan di perpustakaan, mereka berdua tidak mengobrol di kelas, dan bertugas di belakang layar bersama-sama di perpustakaan sepulang sekolah. Walaupun ini tidak seperti kencan rahasia, ini masih terasa seperti kehidupan ganda.

Dan sayangnya, kemampuan psikologis Mizuki tidak mencapai batasnya, tetapi secara bertahap terbiasa dengan lingkungan di mana ada Mizuki hari demi hari. Adaptasi manusia masih cukup bisa diandalkan.

Tepat saat Mizuki merasakan semua ini, ia menyadari bahwa ujian akhir juga sudah berakhir, dan dalam sekejap mata, akan ada upacara perpisahan di semester ini.

"Besok itu liburan musim panas. Hei, Mizuki-san, apakah akan melanjutkan tugas di belakang layar selama liburan musim panas?"

Misaki bertanya sambil mengumpulkan buku-buku yang perlu diperbaiki dari perpustakaan. Merekatkan halaman-halaman dengan lem cair.

Sudah tiga pekan berlalu sejak Misaki mulai membantu Mizuki di belakang layar. Dia menguasai segala macam tugas dalam satu gerakan. Dan telah menjadi rekan yang benar-benar dapat diandalkan.

Mizuki juga merekatkan halaman yang tergores menggunakan lem cair, dan menjawab sambil mengembalikan buku itu.

"Iya, begitulah rencanaku. Bagiku, aku benar-benar tidak ingin melakukan apapun saat musim panas selain belajar. Perpustakaan ini buka dua hari sepekan, jadi aku akan mengerjakan beberapa tugas pada hari-hari itu."

"Ah. Kalau begitu aku juga akan menemanimu. Kapan deh?"

"Kamu tidak perlu memaksakan dirimu. Lagipula, ini adalah liburan musim panas yang langka. Kamu lebih baik jalan-jalan dengan teman-temanmu dan bersantai sesuka hatimu."

"Mizuki-san, kamu mengatakannya lagi. Itu semua. Menghabiskan liburan musim panas bersama seorang gadis seharusnya menjadi penghargaan pertama dalam hidupmu, Mizuki-san. Ini juga pilihan bagimu untuk jujur dan bahagia, oke?"

"Aku tidak membantah kalau ini jelas hidupku. Ini adalah pertama kalinya dalam pertengahan tahun, tetapi ketika aku mengatakannya secara langsung, aku geram. Bagaimana denganmu, Misaki-san, yang mengobrol dengan liar?"

"Ahaha. Rahasia?"

Namun, berkaitan dengan cara menyapa, pada akhirnya, ia dipaksa tunduk oleh Misaki-san... Meskipun tingkat kemampuan berkomunikasinya dengan orang-orang telah bertambah dua setelah berkembang, ia masih belum bisa menyamai Misaki yang sudah hampir mencapai tingkat lima puluh. Kebetulan, gelar kehormatan tidak bisa diubah bagaimanapun caranya, jadi Misaki sendiri pasrah. Lagipula, ketika itu berkaitan dengan liburan musim panas, perbaikan buku mungkin sudah selesai, dan tugas di belakang layar juga sudah selesai.

*

Tidak ada jam pelajaran pada siang ini, dan tidak banyak yang harus dilakukan hari ini, jadi Mizuki berpikir untuk menyelesaikannya sebelum makan siang, dan karena Mizuki melakukan ini sambil berbicara, itu menghabiskan waktu yang lebih banyak dari yang ia kira.

Setelah mengemas buku dan komputer di meja, mereka berdua makan siang bersama setelah menundanya.

Mizuki memakan nasi kepal dan roti sayur yang dibeli di koperasi sekolah. Misaki memakan bento kecil yang dia buat sendiri.

Setelah masuk SMA, Mizuki hampir tidak memiliki kesempatan untuk makan dengan orang lain, makan siang bersama Misaki yang sangat ramah, dan sampai batas tertentu, cukup bahagia.

Memikirkan hal itu, dapat dikatakan kalau waktu seperti ini itu sangat berharga, dan mungkin saja harus banyak bersyukur.

Mizuki memandangi Misaki yang sedang makan bento, memikirkan hal semacam itu, dan secara tidak sengaja menarik perhatian Misaki saat dia sedang mengangkat kepalanya. Mata Misaki yang berwarna coklat gelap tercermin dalam sosok Mizuki yang goyah.

"Maaf, aku terus-terusan menatapmu ketika kamu sedang asyik makan."

Mizuki berpikir kalau ia membuat pihak lain merasa tidak nyaman, jadi ia langsung meminta maaf.

"Tidak masalah. Lagipula, aku duduk saling berhadapan, jadi tidak perlu ada yang perlu dikhawatirkan. Jika aku tidak ingin ditatap olehmu, aku tidak akan duduk di seberangmu. –Baiklah, aku tidak ingin melihat langsung ke arahmu. Itu saja."

Misaki menjawab dengan respons yang mendebarkan. Dan jika dia bersikeras, dia sepertinya akan sedikit terkejut dengan sifat Mizuki yang terlalu waspada.

"Dibandingkan hal ini, Mizuki-san, ini adalah makan siang yang langka, mari kita obrolkan sesuatu yang menarik."

"....Terdengar sederhana, tetapi persyaratanmu itu terlalu sulit. Itu terlalu banyak omong kosong."

"Oke, tidak usah dimasukkan ke dalam hati. Contohnya, apakah ada sesuatu yang menarik dan keren yang berkaitan dengan tugas komite perpustakaan?"

"Sedang aku pikirkan..."

Menghadapi permintaan Misaki yang sedikit lebih spesifik, Mizuki mengepalkan lengannya dan berpikir keras.

Menahan postur itu, ia memikirkan topiknya selama sekitar sepuluh detik. Mizuki akhirnya menemukan topik yang cocok dengan permintaan Misaki dan mengangkat kepalanya.

"Ini yang pustakawan katakan padaku sebelumnya."

"Oh! Sepertinya itu topik yang akan sangat dalam."

"Misaki-san, apa kamu tahu? Kecoak sebenarnya memakan buku itu. Jadi, ada beberapa kecoak di perpustakaan. Seorang siswi menemukan bangkai kecoak sebelumnya, menjerit..."

"...Mizuki-san, meskipun itu kamu, aku senang kamu memeras otakmu dengan topik ini, tetapi itu juga cocok untuk dibicarakan saat sedang makan. Aku akan membuatnya lebih halus.... Bisakah itu bertambah buruk?"

"...Bukan begini. Apa ini buruk....Begitu ya..."

Melihat ke Mizuki, yang dengan santainya memamerkan suasana dari tampang antisipasi di wajahnya, yang Misaki tunjukkan dengan keluhan.

Dan Mizuki, yang mengatakan "Tidak ada yang lebih buruk daripada ini.", merasa sedih dan sangat kecewa. Karena ia mengeluarkan topik ini setelah aku meremas otakku, penilaian Misaki juga agak menyayat hati.

Pada saat ini, Misaki tiba-tiba menutup mulutnya dengan tangannya, dan bahunya mulai sedikit gemetar. Penampilan Mizuki yang hilang sepertinya ada di tangan Misaki. Meskipun Misaki mencoba untuk memelankan suaranya, Mizuki masih bisa dengan mudah melihat bahwa dia sedang tersenyum.

"Bukankah tertawamu begitu keras, iya kan?"

"Maaf...maaf...Tetapi Mizuki-san itu lucu."

"..."

Bukan cuma Mizuki yang merasa terolok-olok meski disebut 'lucu', berubah dari seram menjadi linglung. Itu kosong seolah-olah jiwanya telah diambil.

Misaki tertawa sejenak. Akhirnya menghilangkan senyumannya, mata mereka berdua tumpang tindih lagi.

"Maafkan aku, Mizuki-san. Aku baik-baik saja."

"Maafkan aku, Misaki-san, aku benar-benar dalam masalah."

"Spesies langka  Mizuki-san, yang barusan lesu, itu seimut seekor Chihuahua yang sedang dimarahi."

"Aku sudah tidak bisa tahan lagi karena aku dikejar dan dipukul begitu keras. Bisa kamu sudahi meledeknya?"

Melihat Misaki tampak segar, Mizuki menjawab dengan ekspresi yang suram.

Matanya benar-benar kehilangan ekspresinya. Bukan cuma diejek, tetapi ia juga diperlakukan seperti binatang eksotis.

"—Tetapi aku benar-benar suka Mizuki-san yang bisa mengungkapkan perasaannya dengan sangat baik."

"...Eh?"

Mizuki mengeluarkan suara datar dan mengalihkan pandangannya ke Misaki.

"Lagipula, Mizuki-san, ketika kamu pertama kali memulainya, kamu selalu waspada terhadapku, juga dengan wajah datarmu atau dengan ketakutan terus menerus padaku. Itu seperti seekor kucing. Tetapi, sekarang kamu bisa menyampaikan perasaanmu dengan baik. Sebagai seorang teman, aku sangat senang."

"Be-begitukah?"

"Iya. Jadi Mizuki-san, mulai sekarang kamu harus tertawa!"

"...Meskipun aku hanya merasakan secara samar, Misaki-san, kamu harus lebih memperhatikan kata-kata dan kalimatmu."

Jika tidak ada kata-kata terakhir, Mizuki benar-benar tersentuh... .

Mizuki membuka setengah matanya dan memandang Misaki, yang pada akhirnya melepaskan semuanya sia-sia.

Namun, sarkasme Misaki terhadap Mizuki sederhananya "tidak usah dimasukkan ke dalam hati" dan menundanya seperti meremehkan.

Melihat sikap Misaki yang acuh tak acuh, Mizuki merasa kalau amarahnya itu konyol, dan tertawa bersama Misaki.

"Itulah apa yang aku katakan, tetapi sejak kapan aku menjadi teman Misaki-san?"

"Aku selalu berpikir begitu... Mizuki-san, bukankah semua ini membingungkan bagimu?"

Pertanyaan bercabang, Misaki bertanya dengan ragu-ragu.

"Tidak, aku agak senang. Lagipula, ini pertama kalinya aku berteman sejak SD."

"Jangan membawa hal-hal yang menyedihkan dengan entengnya. Sulit untuk meresponsmu..."

"Ngomong-ngomong, teman-temanku kala itu benar-benar tidak berhubungan denganku lagi sekarang, jadi Misaki-san adalah satu-satunya temanku sekarang."

"Tidak, tidak, tidak, ini bukanlah sesuatu yang bisa kamu bilang dengan "ngomong-ngomong". Itu terlalu berat!"

Pengungkapan diri Mizuki yang terlalu menyedihkan berhasil membuat Misaki menggeram.

Mizuki sendiri tidak menyadari betapa kesepiannya menyendiri itu, tetapi itu beruntung karena Misaki bisa saja malu-malu. Lagipula, diganggu olehnya begitu lama, sedikit balas dendam mungkin tidak akan kena hukum. Karena - mereka "berteman".

"Kalau begitu, tugasnya sudah selesai, jadi ini sudah hampir waktunya bagi kita untuk pulang hari ini."

"Ah, ini sudah jam tiga sore. ––Baiklah, mari kita pulang."

Mizuki menyapa Misaki, menaruh sampah ke kantung, dan tisu yang sebelumnya telah disiapkan untuk membersihkan meja. Tidak perlu takut dengan sepuluh ribu, untuk berjaga-jaga ada sisa di meja yang akan menyebabkan buku berjamur.

Misaki juga menjawab, dan bersiap mengemas kotak bekalnya. Kemudian dia mengeluarkan kotak pil dari tasnya satu persatu, meletakkan pil biasa ke mulutnya, dan menelannya sambil minum air, pil itu mungkin semacam suplemen nutrisi atau semacamnya.

Saat ini.

"Ah, sudah habis!"

Mizuki menatap tidak percaya kalau Misaki yang berbicara dengan keras seakan-akan dia telah mengacaukan sesuatu.

"Maaf, Mizuki-san. Apakah kamu bebas nanti?"

"Hei, apakah kamu baik-baik saja... Ada apa?"

"Sebenarnya, ada sesuatu yang ingin aku minta pada Mizuki-san, sebagai "teman"..."

Minta...? Minta sebagai seorang 'teman'? Apa yang terjadi...? Ah! Mungkinkah kamu ingin meminjam uang!?

Misaki melanjutkan.


←Sebelumnya             Daftar Isi        Selanjutnya→

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama