Sankaku no Kyori - Prolog Jilid 1

 Prolog


—Hypocrite lecteur, —mon semblable,—mon frére!

Aku terus membacanya lagi dan lagi seolah-olah itu adalah sebuah jimat. Sampul beningnya sudah mau copot, halamannya mulai kecokelatan, sampulnya penuh dengan goresan kecil. Dari halaman sembilan ke halaman sepuluh dari permulaan paperback saku. (TL Note: Buku bersampul tipis)

Aku tidak lagi merasakan kejelasan dari deretan surat itu lagi.

Konteksnya diuraikan menjadi bentuk-bentuk yang sederhana, Gestaltzerfall, maknanya tidak dapat lagi aku pahami.

Namun, seolah-olah aku bertahan seumur hidup, aku membaca paragraf itu berulang-ulang untuk entah berapa kalinya.

-sniff.  (TL Note: Suara Endusan)

Sebuah endusan tanpa sadar diikuti oleh bau asing dari resin lilin dari lantai.

Di ruang kelas, akan menjadi bimbingan wali kelas bagi kelas IX-4, aku akan duduk di bangku dekat jendela.

Aku entah bagaimana bangun lebih awal, dengan tidak ada yang lebih baik untuk dilakukan, datang ke sini meskipun—

Itu masih tersisa satu jam lagi.

Dalam satu jam, upacara pembukaan akan dimulai.

Salinan pidato pembukaan oleh kepala sekolah dan lagu mars sekolah dinyanyikan dengan serempak yang mengingatkan kita pada Zaman Shouwa dan peringatan dari konselor sekolah kepada siswa yang tidak bisa menahan diri seperti peringatan 'Jangan menyaksikannya jika kalian masih di bawah 18 tahun.'. (TL Note: Zaman Shouwa itu dari 25 Desember 1926–7 Januari 1989.)

Setelah upacara itu selesai, kami akan meninggalkan gimnasium dan bergerak menuju ruang kelas di mana kehidupan sekolah baru kami akan dimulai.

Bau ruang kelas, yang selama liburan musim semi tidak berventilasi dan berbau lama, dalam sekejap mata akan tergantikan dengan bau sehari-hari selama tahun ajaran baru.

«—sigh…» (TL Note: Suara Desahan, mungkin sama dengan <<huuuh...>>)

Sebuah desahan keluar dariku sebelum aku menyadarinya.

Sekali lagi, aku akan memerankan versi yang berbeda dari diriku di kelas ini.


Aku di hadapan teman-temanku.


Aku di hadapan guru-guruku.


Aku di hadapan mereka yang tidak aku kenal.


Aku di hadapan banyak orang.


Bukannya kupikir itu hal yang buruk, itu hanya kebutuhan pada akhirnya. Hanya saja hati nuraniku membuat aku merasa menipu diri sendiri.

Aku merasa seperti kehilangan diriku sendiri pada akhirnya.

Jadi sebelum itu terjadi, paling tidak untuk mencegah aku kehilangan diriku sendiri, aku ingin mengalami hal-hal yang kusuka, yang banyak di antaranya.

Aku merasa ingin mempererat, mengikatkan diri pada hal-hal yang aku kagumi.

Pada saat itu---

«...Apakah itu karya Ikezawa Natsuki?»


Suaraku datang dari jarak dekat.


Aku melihat ke atas dengan refleks.


Pada titik tertentu, seorang gadis berdiri di sana.


Seorang siswi, mengenakan seragam sekolah, melirik ke arahku.


"Aku juga suka buku itu, 'Masih Hidup'."


—Sebelum aku menyadarinya, aku menerima sedikit kejutan.


Arus samar mengalir di sekujur tubuhku bahkan sebelum pemikiran 'Siapa itu? Apakah aku ketahuan? Ini gawat!’ terlintas dalam pikiranku.


Wajah yang ditampilkan dengan baik bagaikan kaca dan pupil yang sedalam spiral galaksi.

Rambut hitam pendeknya sedikit bersinar di bawah sinar matahari pagi.


Blazer yang dikenakannya masih baru, jari yang mencengkram tas itu sehalus lilin, ekspresi misteriusnya membuatnya tampak agak tidak berdaya. Di lain sisi, wajahnya yang dewasa terlihat sangat lesu—.

—Aku punya sedikit firasat.


Itu masih misterius sebelum badai emosi—.


—tidak, sekarang bukan waktunya untuk itu!


Aku buru-buru menyembunyikan paperback itu sementara waktu,


"Baiklah! Ahahaha! Itu mengejutkanku! Aku bahkan tidak menyadari bahwa kamu ada di sana!"


Aku memaksakan senyum, suaraku meninggi.


“Ngomong-ngomong, kapan kamu datang? Mungkin kamu sudah lama berada di sini? Akan baik-baik saja jika kamu memanggilku haha!»


«… Aku baru saja tiba. Mengapa kamu menyembunyikan buku itu?”


“Oh, kamu melihatnya? Apa yang bisa kubilang, yah, aku baru saja membacanya karena seorang teman meminjamkannya kepadaku, aku tidak yakin mengapa, itu agak memalukan—»


«...Mengapa itu memalukan?»

“Tidak, orang biasanya tidak membaca hal-hal semacam ini kan? Dan aku diam-diam membacanya sendiri di ruang kelas yang kosong ini…»


"Aku tidak yakin tentang bagian 'orang biasanya tidak membacanya' jadi aku tidak bisa mengatakannya."


Dia berkata dengan kata pengantar sebelum dia menegakkan punggungnya.


Kemudian, sebuah suara yang terdengar seperti bel berbunyi bergema—


«—Yang penting adalah menghubungkan pegunungan, orang-orang, pewarna, paduan suara jangkrik dan lebih banyak lagi dunia luar, dengan dunia luas di dalam dirimu, dan bagaimana mereka berdiri selangkah terpisah, bahu-membahu saat mereka menyelaraskan dengan satu sama lain. Seperti melihat bintang-bintang.”


—Aku menahan napas.


Kalimat itu dia bacakan dengan lancar dari ingatan.

Itu adalah baris yang ditemukan pada permulaan 'Masih Hidup'. Kalimat yang aku baca berulang-ulang tadi.


Dia langsung menoleh ke arahku.


«...Ini novel yang bagus, kan?»


Kecanggungan yang mendalam muncul dalam diriku.


Itu adalah opini yang bebas dari semua kewajiban atau ikatan dan tanpa pemikiran tersembunyi di belakangnya.


Apa yang benar-benar dia pikir tidak berdaya seperti pohon yang muda, namun pantang menyerah seperti pohon yang paling besar.


Apalah aku ... dibandingkan dengan itu?


Membuat karakter dari skema yang dangkal, memalsukan diriku yang sebenarnya dengan akting dangkal, memperlakukan novel yang aku gunakan untuk menyelamatkan diriku dengan jijik—.


Kebencian pada diri sendiri membuat kakiku kedinginan seperti sepatu kets yang masuk ke dalam air.


Sepuluh detik penuh atau lebih berlalu dalam keheningan sebelumnya,


"…Sepertinya. Yah, itu buku yang bagus, kurasa.”


Harus aku akui karena aku tidak tahan lagi.


Lalu-,


«—Atau lebih tepatnya, aku menyukainya. Di antara novel-novel yang aku baca 'Masih Hidup' mungkin ada dalam daftar lima terbaikku.»


Kataku sebelum mengedipkan mata dua kali.


«Tapi, yah... itu tidak cocok dengan karakterku, membaca ini maksudku. Itu sebabnya aku tidak ingin orang lain melihatku membacanya… haruskah aku katakan, aku sudah gila, atau…»

Bizarre Love Triangle 002

Aku tidak percaya dengan apa yang aku lakukan.


Apa yang kukatakan baru saja mengetahui perasaanku yang sebenarnya, sesuatu yang tidak akan pernah aku ungkapkan kepada guruku, keluargaku, ataupun temanku.


Namun mengapa aku mengungkapkannya, kepada seorang gadis yang baru saja aku temui ...?


"Jadi begitu ya."


Tidak peduli betapa bingungnya diriku, dia hanya mengangguk.


Dan kemudian pipinya yang berwarna putih susu mengendur, menunjukkan senyumannya.


«—Aku tidak keberatan sama sekali, tidak usah dimasukkan ke hati dan hiduplah dengan bangga, itulah yang kupikirkan.»


—Aku benar-benar lupa bernapas.


Garis pandangku direnggut oleh rambutnya yang agak harum.


Entah bagaimana, aku bahkan tidak bisa menggerakkan jari.


"Apakah kamu akan berada di kelas ini?"


"… Ah iya. Betul sekali."


Ketakutanku hancur oleh pertanyaannya.


«Apakah kamu mungkin ... di XI-4 juga?» aku bertanya kembali.


"Ya."


«...Maksudku, waktu kelas sepuluh kamu di kelas berapa?»


Memikirkannya, aku tidak ingat pernah melihat gadis ini sebelumnya.


Ada sekitar dua ratus orang siswi di kelasku, tapi aku seharusnya melihat wajahnya setidaknya sekali selama festival budaya, kompetisi olahraga atau acara lainnya. Anehnya, aku sama sekali tidak bisa mengingatnya.


“Aku baru saja pindah hari ini. Saya Minase Akiha, senang bertemu denganmu.”


“Ah, begitu. Murid pindahan… Eh, ya, aku Yano Shiki, senang bertemu denganmu…»


“Yano-kun, kan?”


Dia berkata dan melihat jam tangannya seolah menyadari sesuatu.


Lalu-,


"-Oh tidak."


Ekspresinya tiba-tiba menjadi tegang.


…Aku bertanya-tanya apa yang terjadi? Apakah dia melupakan sesuatu?


Pada saat itu setelah aku mulai merenungkan—.


Di wajahnya—perubahan halus bisa terlihat.


Wajah tegangnya tiba-tiba berubah tanpa ekspresi… sebelum wajah terkejut dan bingung perlahan muncul ke permukaan, seperti saat kalian menulis menggunakan tinta tak kasat mata yang seperti jus lemon.


Ekspresi malu-malu dan lemah lembut seolah-olah jiwanya sedang ditukar.


Kemudian, Minase-san menatap mataku dan,


«...Wah!»


Bertingkah seolah-olah dia baru pertama kali memperhatikanku.


«...A-apa?»


«Y-ya-yah... tidak apa-apa!»


Dia berkata dan buru-buru meraih tasnya dan memegangnya di pelukannya.


«Per-permisi!»


Tanpa memberiku waktu untuk menjawab, dia berlari keluar kelas dengan cepat.


Aku ditinggalkan sendirian, terperangah.


"…Apa itu tadi? Apa yang terjadi, tiba-tiba begitu…?”


Aku melirik ke pintu di belakang kelas tempat dia pergi.


Bau resin lilin yang melayang, cahaya berwarna krem ​​dari matahari yang mengalir masuk dan sentuhan angin musim semi yang bertiup seperti air yang mengalir.


Tapi... begitu.


Dia akan menjadi teman sekelasku kalau begitu?


Apakah kita akan menghabiskan hari-hari di kelas ini bersama?


—Tiba-tiba, aku menyadari rasa galauku sendiri.


Perasaan hampa yang tidak nyaman mengintai dengan gelisah di dadaku.


Huh— Itu membuatku menyadarinya.


Aku baru saja jatuh cinta.


Tanggal 9 April, pagi pertama kelas 11-ku.


Dari percakapan singkat saja, aku mulai jatuh cinta pada Minase Akiha—— 



←Sebelumnya         Daftar Isi            Selanjutnya→

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama